BLOG OF FIRAS

Jujur saja film Hollywood yang kisahnya diangkat dari komik Marvel sudah selayaknya ditunggu-tunggu oleh sebagian penggemarnya. Pasalnya Marvel sendiri –dengan komiknya- telah melegenda karena plot-nya kental dengan adegan heroic dan fantasy ini mempunyai penggemar tersendiri.

"every army begins with one man"
Kini giliran Captain America: The First Avenger  yang akan dirilis bulan Juli nanti di Amerika. Cerita ini mengambil setting pada perang dunia ke II tahun 1940-an, dimana Nazi sedang mendominasi pengaruhnya, lalu muncul seorang prajurit, Steve Rogers (Chris Evan), yang tidak bisa turun ke medan perang karena fisiknya yang lemah. Lalu dia diberi tugas khusus dengan menjalani sebuah program rahasia militer yang dapat mengubah dirinya menjadi manusia dengan kekuatan istimewa.
Jika melihat sinopsisnya, tampaknya sang sutradara, Joe Johnston, tidak begitu tertarik dengan modifikasi cerita yang kompleks atau bermain-main dengan plot yang rumit. Mengingat
Joe Johnston mengawali karirnya sebagai Art Director (penata artistik) dan beberapa kali menjadi spesialis special effect dalam film Star Wars, sepertinya film ini akan lebih mengedepankan aksi-aksi dengan menggunakan special effect yang canggih, seperti yang diperlihatkan dalam film The Wolfman (2010), Jurassic Park III (2001), dan Jumanji (1995).
Boleh saja Joe Johnstonber bangga dengan track record-nya sebagai sutradara, namun tidak menjadi jaminan film ini akan sukses dipasaran. Pasalnya setelah era digital, film-film yang berakar dari cerita komik tidak selalu mendapat tempat dihati penggemar sejati komik superhero jika hanya mengandalkan visual effect saja.

Lihat saja Superman Returns (2006) dari DC Comics, banyak yang mengakui kelemahan cerita dalam film ini sehingga berakhir mengecewakan. Beda lagi dengan Batman Begins dan Batman The Dark Knight secara berturut-turut sekuelnya mendapat penghargaan di hati penggemarnya karena kekuatan ceritanya yang menjadi penentu kesuksesan dua film tersebut.
Memang sudah seharusnya sang sutradara mengimbangi antara narasi dan visual yang disuguhkan sambil menanam informasi agar terjadi kejutan-kejutan yang sekiranya diluar persepsi penonton, sehingga siapapun yang sudah tahu Captain America: The First Avenger akan melihat film ini sebagai sesuatu yang baru. Yuk mari kita tunggu filmnya rilis.

Directors: Joe Johnston

Category: Adventure Drama, Comic Book and Superheroes

Categories:

Leave a Reply